27 September 2024

FAKTAINTEGRITAS.COM, TUBABA — memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai kebutuhan pangan dan bahan baku dapur seperti cabai, terong,Tomat Biji kangkung, lauk pauk seperti ikan maka perlu adanya ketahanan pangan untuk menghadapi masalah perekonomian masyarakat.

Dalam hal ini pemerintahan tiyuh Tri tunggal jaya ,melaksanakan program pemerintah kabupaten tulang bawang barat, melalui program  k3 1W (Kandang,Kolam,Kebun Dan Wisata).

Sumino Kepalo tiyuh Tri tunggal jaya kecamatan Gunung agung kabupaten tubabarat menjelaskan ,Sesuai arahan PJ bupati Dr.Zaidrina Wardoyo .S.E.M.Si. Untuk ketahan pangan maka dibuat lah program K3 1W ,Agar bisa dirasakan masyrakat untuk memenuhi kebutuhan Sandang dan pangan ,Tiyuh Tri tunggal jaya sendiri membagikan bibit Terong,Cabe,Tomat dan biji-bijian kangkung kepada masyrakat.

Lebih lanjut sumino menjelaskan dan bukan hanya bibit-bibitan saja  degan menggunakan dana desa pemerintahan tiyuh Tri tunggal jaya juga menimbun jalan yang rusak parah yang terletak di RK 3 , Tadinya mau kita timbun mengunakan sabes,di lihat kondisi jalan sepertinya tidak memungkinkan ,Maka kami gunakan batu belah keriting yang mana bisa memadatkan kondisi jalan yang sudah seperti kubangan kerbau..
Dan tidak hanya menimbun jalan ,Sumino selaku Kepalo tiyuh sudah memerintahkan jajaran perangkat tiyuh untuk Pesan pohon kelapa ,Karna ada salah satu jembatan yang jebol ,dan sangat sulit dilalui ,maka sebab itu kami mengambil inisiatif untuk mengunakan pohon kelapa untuk dijadikan jembatan sementara.  ujar mino

Di tempat terpisah Warga yang bernama Supari RT 02 RK 1 meyambut kegimbiran degan ada nya program k3 ,Kami sendiri selaku masyrakat bisa menanam bibit sayur mayur di  perkaranganya, dan pekarangan kami bisa terawat degan adanya tanaman sayur mayur,Apa lagi sekarang ini pak! Kebutuhan semua nya mahal degan kami bisa menanam sendiri ,sedikit mengurangi beban hidup yang semakin sulit..Sebutnya kepada awak media

Ependi Saputra pengendara penguna  jalan tersebut,mengapresiasi apa yang sudah di perbuat pemerintahan tiyuh Tri tunggal jaya degan menimbun jalan yang sudah parah dan sulit dilalui, sebelumnya jalan belum  di timbun batu ,kami masyrakat sangat kesulitan mengularkan hasil pertanian kami seperti singkong,terkadang kendaraan kami menancap dijalan tersebut dan harus di derek agar bisa terbebas dari jalan yang bercampur lumpur.
Ependi berharap kepada khusus pemerintah kabupaten tulang bawang barat Supaya jalan tiyuh kami ,tempat di RK tiga bisa di Rabat Beton,kenapa harus rabat beton ,jika hanya batu dan aspal tidak akan bertahan lama ,Karna kultur tanah yang lebih dan tidak lama akan hancur kembali..harap Ependi. (herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *