27 September 2024

Faktaintegritas.com,Way Kanan – Sejumlah warga di Dusun 4, Desa Suka Menanti, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tidak lama lagi bakal menikmati program Sistem Penyediaan Air Minum Jaringan Perpipaan (SPAM-JP).

Pantauan wartawan hari ini Sabtu, 16 Oktober, 2021, program SPAM-JP tersebut telah mencapai 70% masa pembangunan.

Dedi Eko Wibowo, Ketua Pelaksana Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Makmur Mandiri mengatakan program ini begitu disuport warga. Menurut warga yang menuturkan kepada dia, dengan adanya SPAM-JP nantinya mereka tidak lagi susah untuk mendapatkan air bersih layak konsumsi.

“Alhamdulilah dengan adanya bantuan program SPAM-JP di Desa kami ini sangat membantu masyarakat khususnya bagi mereka yang kesulitan mendapat air dikala musim kemarau tiba,” ujar Ketua ketika diwawancara wartawan belum lama ini.

Dirinya juga menuturkan bahwa program ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) dengan pagu mencapai Rp.262.500.000, sesuai yang tertera pada pelang informasi proyek.

“Program SPAM-JP itu nantinya akan dialirkan ke beberapa rumah warga khususnya di Dusun 3 dan 4, namun mayoritas bakal mengaliri untuk Dusun 4,” tuturnya.

Dirinya berpesan kepada masyarakat, setelah nantinya program selesai dibangunkan agar kiranya dirawat serta digunakan dengan baik.

“Saya berharap kepada masyarakat penerima manfaat agar kiranya setelah selesai dibangun dan sudah dapat digunakan, itu dapat bersama-sama dijaga agar dapat digunakan dalam waktu panjang,” imbuhnya.

Untuk informasi, program SPAM-JP merupakan proyek yang disalurkan pemerintah pusat melalui Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) melalui Disperkim Pemkab Lampung Utara. (Amirsya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *