26 September 2024

Lampung utara- (Fakta_integritas.com)  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Lampung Utara (Kab. Lampura) Gelar Kegiatan Sosialisasi Kejurnalistikan, yang berlangsung di SMAN 1 Bukit Kemuning. Jumat,15/09/23.

Kegiatan tersebut bertema “Sosialisasi Jurnalistik Bagi Warga Sekolah” yang di sampaikan pemateri Plt, DPD Provinsi Lampung dan Kordinator Regional PPWI Bagian Sumatera, Edi Suryadi.SE, yang didampingi oleh Ketua DPC PPWI Lampura Nopriyanto, Kepala Sekolah SMAN 1 Bukit Kemuning Haidir Yusuf.ST.,MT. dan di ikuti dewan guru SMA  Se-Lampung Utara beserta para Siswa dan Anggota OSiS.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan di SMAN 1 Bukit Kemuning, dan nampak terlihat siswa dan dewan guru Sangat antusias demi penyambutan rombongan Ketua dan jajaran PPWI, tanpa ada rintangan dan halangan kegiatan itu berlangsung hikmat dan lancar.

Pada saat pemateri menyampaikan pemaparan materi sosialisasi, di dalam forum terlihat para siswa dari perwakilan sekolah yang berbeda-beda, Siswa berperan aktif untuk mendiskusikan tentang kejurnalistikan.

Dalam penyampaian Ketua Plt, PPWI Provinsi Lampung dan kordinator Regional Bagian Sumatera PPWI Edi Suryadi, SE. memberikan pemahaman tentang Kode etik jurnalistik, cara Penulisan Berita, dan tentang Undang-undang Pokok Pers, dirinya berharap agar para siswa yang akan menjadi stok pemimpin bangsa masa depan, agar dapat memahami peran dan tanggung jawab pers.

“Saya berharap adanya sosialisasi ini agar para siswa memahami, mencermati tentang kejurnalistikan/wartawan, bahwa profesi wartawan adalah menyampaikan dan menceritakan informasi kepada publik, saya juga menginginkan kepada peserta agar bisa mengembangkan potensi yang dimiliki mereka pribadi, untuk meraih cita-cita” ucapnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bukit Kemuning Haidir Yusuf,ST.MT. menyampaikan, agar para peserta sosialisai lebih menyimak pemaparan pemateri, agar materi yang di dapati menjadi edukasi dan juga dapat mengimplentasikan kepada orang-orang sekitar, “untuk para siswa agar dapat memahami apa yang di sampaikan oleh pemateri, supaya menjadi edukasi yang baik tentang keilmuan kejurnalistikan,” ujarnya.

Di tempat yang sama saat diwawacara Ketua DPC PPWI Kab. Lampura Nopriyanto mengatakan, bahwa adanya kegiatan ini di adakan merupakan program kerja DPC PPWI Lampura tahun 2023 di dalam sosialisasi ini juga mengkorelasikan tupoksi kinerja kejurnalistikan dan menjadi jurnalis yang profesional dan mentaati peraturan perundang-undangan tentang Pers.

“Sosialisasi tentang jurnalis ini di adakan adalah bentuk program kerja DPC PPWI Lampung utara, 2023, yang dimana progja ini merupakan bentuk kepedulian kami di dunia pendidikan, karena maraknya berita Hoax beredar di media sosial, itulah kami mengupayakan agar pembaca bisa membedakan antara berita hoax dan kebenaran, saya berharap adanya pelantara sosialisasi ini agar publik dapat memahami tentang profesi wartawan,” tutupnya.

Acara sosialisasi kejurnalistikan itu di akhiri dengan makan siang bersama dan pemberian cendramata DPC PPWI Lampung Utara kepada peserta sosialisasi. (Irpan Salpana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *