27 September 2024

FAKTAINTEGRITAS.COM, BATURAJA — Pj. Sekda OKU Dharmawan Irianto S.Sos, MM., Mendampingi  Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Halal Bi Halal  bersama segenap masyarakat Desa Tanjung Lengkayap, Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat (19/5) sore.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru dianugerahi gelar/adog dari Lembaga Adat Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU. Gelar tersebut diberikan Lembaga Adat berdasarkan Surat Keputusan Pemangku Adat Kecamatan Lengkiti Nomor : 201/PA/LENGKITI/2023. Selain menindaklanjuti hasil rapat pemangku adat, rapat tersebut juga ditindak lanjuti untuk menjaga kelestarian budaya bangsa

Saat menyampaikan Ketua Pemangku Adat Lengkiti M. Toyip menjelaskan bahwa setiap warga berhak mendapat gelar atau adok. Gelar atau adog ini sendiri merupakan  simbol yang telah dimiliki oleh penyandang gelar atau adog dalam kancah perjuangan dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Adok atau gelar ini menurutnya hanya diberikan kepada orang-orang tertentu. Salah satunya karena adanya peningkatan status seseorang dari masa lajang ke masa berkeluarga. Selain itu gelar juga diberikan jika keberhasilan suatu usaha atau perjuangan seseorang dalam mencapai suatu prestasi yang diperuntukkan dan dinikmati oleh keluarga dan masyarakat banyak.

Dengan adanya gelar ini iapun berharap agar masyarakat turut menghormati dan mendukung fungsi dan posisi penyandang gelar secara positif.

Tak hanya Gubernur Herman Deru, pada kesempatan itu Lembaga Adat Lengkiti juga memberikan gelar adat kepada Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel Hj. Samantha Tivani Herman Deru. Hj. Samantha Tivani dianugerahi gelar Inai/ini Ratu Bangsa dari masyarakat Lengkiti.

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan sangat gembira dapat bersilaturahmi dalam acara Halal Bi Halal bersama masyarakat Lengkiti.
“Saya bangga dan senang bisa datang kesini. Rindu saya terobati, bertemu dengan masyarakat Lengkiti,”kata Herman Deru saat menyampaikan sambutan menggunakan bahasa daerah setempat.

Pada kesempatan Gubernur mengungkapkan atas nama Pimpinan dan jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat kepada Pemerintah Kecamatan dan segenap masyarakat kecamatan lengkiti, yang telah berpartisipasi dalam membangun dan memajukan Kabupaten OKU dan Provinsi Sumatera Selatan.

Dilanjutkan Heman Deru, acara halal bihalal ini merupakan momentum saling memaafkan dan menjalin tali silaturahmi Pemerintah dan masyarakat, juga sebagai bentuk kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan, serta meningkatkan kerukunan diantara kita.

“Mari kita bersama untuk selalu menjaga kerukunan, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman yang akan membawa kita pada kesejahteraan bagi seluruh masyarakat” ujar Herman Deru (ERWAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *