26 September 2024

FAKTAINTEGRITAS.COM, MUARADUA — Mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM OKU Selatan Hadiri  Fasilitasi Pertemuan Teknis Manajemen Data pada Rumah Data Kependudukan dan Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dirangkaikan dengan Penilaian Kampung KB Desa Gunung Tiga oleh BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Jumat ( 31/03/2023).

Stap Ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Ahmad S.,Pd. M.M., mengatakan dalam arahannya, sesuai Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga berkualitas pada 20 mei 2022.

Inpres nomor 3 tahun 2022 tentang Kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ( SDM ) dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di setiap desa atau kelurahan.

Kampung keluarga berkualitas merupakan pendekatan pembangunan di tingkat desa/ kelurahan yang dilakukan secara terintegrasi dan konvergen dalam penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Program-program yang dibutuhkan yang bersifat operasional, yang langsung menyasar pembinaan, penyuluhan, pelayanan KB di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya dianggap perlu untuk mewujudkan Kampung KB agar keluarga yang berkualitas, bahagia dan sejahtera dapat terwujud.

“Kabupaten OKU selatan mempunyai 259 Desa yang sudah mempunyai Surat Keputusan ( SK) sebagai  Desa Kampung Keluarga Berkualitas.
Harapan kami semoga Desa yang ada di Kabupaten OKU Selatan diharapkan menjadi kampung yang mandiri, tentram dan bahagia serta berkualitas,” ujarnya.

Kepala Dinas PPKB PPPA. Umu Manazialwati, SKM, MM., dalam laporannya sampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan peserta mampu memahami kampung KB dan rumah dataku. Dan Kader dapat berkerja sesuai dengan Pokja kampung KB dan diharapkan kontribusi seluruh OPD untuk menuju kampung keluarga berkualitas.

“Sehingga pembina dan kader rumah dataku dapat membuat Display papan data rumah dataku sehingga data tersebut dapat terintegrasi dengan sumber daya lain untuk pemanfaatan dan Intervensi program pembangunan, kegiatan ini dilaksanakan selama Satu 1 ( hari ) di Desa Gunung Tiga Kecamatan Muaradua,” jelasnya.

” kami berharap semoga penilaiannya nanti berjalan baik  mendapatkan penilaian yang  kami harapkan dalam penilaian Kampung KB yang berkualitas di OKU Selatan,” sambungnya.

Selanjutnyan para peserta mendengarkan materi yang disampaikan  Narasumber dan Tim Penilaian dihadirkan langsung Jamhari dan Evi Silviani serta Tim koordinator bidang Dalduk Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan.

Bertempat di Desa Gunung Tiga Kecamatan Muaradua dan turut dihadiri. Kadin PPKB PPPA, Camat Muaradua, Kapolsek Muaradua, Danramil Muaradua, KUA Muaradua, Ketua TP PKK Kecamatan Muaradua, Kapus Muaradua, Kades Gunung Tiga, Ketua TP PKK Desa Gunung Tiga. (erwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *