27 September 2024

FAKTAINTEGRITAS.COM, BATURAJA – PJ. Bupati OKU, H. Teddy Meilwansyah, bersama Kelompok Tani Bawang Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap, melakukan penanaman bawang merah, di desa setempat, Jum’at (17/02/2023).
Pada kesempatan itu, Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan kelompok tani di Desa Tungku Jaya. Menaman dan mengembangkan komoditi bawang dapat meningkatkan Inflasi bahkan menjadi penyumbang terbesar inflasi.

“Penanaman bawang merah ini, juga sesuai dan sejalan dengan program yang digalakan Gubernur Sumsel, H. Herman Deru yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GMSP). Nanti jika penanaman bawang ini berhasil kita juga akan meminta seluruh pegawai di OPD untuk menanam bawang ini dirumah masing-masing minimal bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

H. Teddy menegaskan, lahan  di Desa Tungku Jaya memang mempunyai potensi yang sangat luar biasa dalam budidaya bawang merah. Untuk itu Teddy meminta agar Dinas Pertanian OKU bisa maksimal membantu pengembangan bawang merah ini.

“Lebih dari itu, Dinas Pertanian harus terus melakukan pembinaan secara rutin kepada kelompok tani yang akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan petani. Yakinlah jika penanaman bawang merah ini berhasil bisa jadi proyek percontohan nasional, tinggal kita bagaimana usaha agar bawang ini bisa berhasil,” katanya.

Disebutkan Teddy, hasil penanaman bawang di Desa Tungku Jaya ini sangat luar biasa, dalam 1 hektar bisa mencapai 14 ton.

“Saat ini untuk penyediaan bawang merah kita masih tergantung dengan daerah luar. Mudah-mudahan dengan hasil penanaman ini kita tidak tergantung lagi dengan daerah luar. Kita juga harapkan ke depan Kecamatan Sosoh Buay Rayap, kedepannya dapat menjadi sentra produksi bawang merah.,” kata teddy. (ERWAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *